Badan Geologi Bantu Penyediaan Air Bersih Korban Bencana Sumbar

http://www.indonesia.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=6071&Itemid=1798

PADANG. Pasca terjadinya gempabumi 7,6 SR (30/9) yang melanda Provinsi Sumatera Barat merusak hampir seluruh infrastruktur yang ada termasuk jaringan distribusi air bersih. Tim Badan Geologi DESDM melalui Pusat Geologi Tata Lingkungan pada tanggal 4 Oktober 2009 yang lalu menuju lokasi bencana membantu masyarakat mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Akibat rusaknya instalasi air bersih (ledeng) selama ini masyarakat memanfaatkan aliran sungai serta menampung air hujan yang turun untuk memenuhi kebutuhannya. Akses untuk mendapatkan air bersih sangat sulit pasca terjadinya gempa.

Dengan pemboran yang dilakukan tim yang dipimpin Ediwan tersebut, diharapkan dapat memudahan masyarakat untuk mendapatkan akses air bersih. ”Tim Badan Geologi selain akan membuat pemboran sedikitnya 10 titik untuk mendapatkan air bersih juga akan membangun penampungan air sehingga dapat memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-harinya”, ujar Ediwan.

Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan, tim akan dilengkapi dengan dua buah generator listrik dan perlengkapan pemboran, sehingga pelaksanaan pemboran untuk mendapatkan suplai air bersih tidak mendapatkan kendala dilapangan.

Pusat Geologi Tata Lingkungan merupakan unit eselon II dilingkungan Departemen Energi dan Sumb.er Daya Mineral yang menyelenggarakan penelitian dan pelayanan bidang geologi lingkungan, geologi teknik dan air tanah.


Sumber:
http://www.esdm.go.id/berita/geologi/42-geologi/2895-badan-geologi-bantu-penyediaan-air-bersih-korban-bencana-sumbar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: